Perkiraaan Modal Inti Usaha Pewangi Laundry


Ketika kita ingin memulai suatu usaha, pasti obrolan pertama yang tidak mungkin lepas dari situ adalah modal awal. Karena tidaklah mungkin kita memulai suatu usaha tanpa modal sama sekali. Bahkan usaha online sekalipun, kita harus memiliki modal sebuah handphone android yang memiliki jaringan internet, walau hampir semua orang sekarang memilikinya, tapi itu adalah sebuah bentuk lain dari modal.

Apalagi apabila kita menginginkan membuat sebuah usaha yang cukup besar, seperti misalnya memiliki toko atau kios yang menjual pewangi laundry. Tapi, apakah anda tahu bahwa sebenarnya untuk memulai usaha pewangi laundry ini, modal intinya tidak perlu besar-besar. Ketika memulai sebuah usaha, anda dapat memulainya dari rumah atau tempat anda tinggal sebagai ‘toko’nya. Sehingga anda tidak perlu menyewa tempat lagi.

Sedangkan produknya, ada beberapa agen dan distributor yang bisa dicari secara online yang menawarkan produk-produk pewangi laundry baik dari perusahaan besar ataupun produk dari pabrik sekala menengah kebawah. Dan biasanya mereka menawarkan untuk menjadi agen atau distributor dari produk tersebut, anda diharuskan membeli produk mereka dengan harga tertentu.

Untuk kelas distributor misalnya, biasanya harga yang ditawarkan sekitar 5-7 juta rupiah, dan dari situ anda akan mendapatkan produk senilai yang sama. Dan untuk kelas agen, harga yang ditawarkan jauh lebih kecil, biasanya berkisar dari 1 sampai 3 juta rupiah dan sama, anda akan mendapatkan produk dengan nilai sebesar itu. Dari situ anda sudah dapat memulai usaha pewangi laundry anda sendiri dan bagaimana anda memasarkannya.

Selain hal-hal diatas, yang perlu anda pertimbangkan juga adalah modal anda untuk melakukan promosi produk yang anda jual. Salah satunya adalah dengan menggunakan media iklan. Media iklan sekarang bervariasi, dari sekedar iklan melalui pamflet atau koran, sampai iklan melalui media sosial. Apabila anda menggunakan media iklan pamflet atau koran, tentu akan lebih murah, tapi cakupan iklannya mungkin akan jauh lebih kecil. Dan apabila anda menggunakan iklan di media sosial, tentu akan jauh lebih mahal, tapi akan lebih efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Dana yang perlu anda siapkan mungkin sekitar 500rb sampai 1juta rupiah untuk iklan anda.